| ]


Anda masih ingat boomingnya Film Naga Bonar jadi 2, disusul gegap gempitanya perhelatan kejuaraan Sepak Bola Piala Asia diJakarta yang mampu menunjukkan gairah ke - INDONESIA-an sebagian besar anak Bangsa.

Sebagian besar dari wikimuers tentu sudah sering menyaksikan tayangan Kick Andy bersama Andy F Noya yang diakui oleh banyak orang telah berhasil meng-inspirasi mereka untuk bersikap dan menentukan pilihan hidup, termasuk BERANI HIDUP setelah sempat ingin bunuh diri.

Kemudian segera menyusul 25 September 2008 ini diluncurkan Film Laskar Pelangi yang diadaptasi dari Novel karya anak kampong Belitong, si Ikal - Andrea Hirata. Novel Laskar Pelangi merupakan Bagian pertama dari Tetralogi karya Andrea Hirata, dan hingga saat ini Novel ini telah Naik Cetak 14 kali dengan penjualan mencapai 500.000 eksemplar.

Film Laskar Pelangi saya prediksi akan mampu menyihir Jutaan orang untuk menonton, dan saya yakin orang yang telah membaca Novelnya akan merekomendasikan film ini untuk ditonton oleh orang-orang disekitarnya.

Banyak yang tidak sabar untuk mengajak sanak saudara dan handai taulan untuk menonton Film Laskar Pelangi, karena yakin bahwa Novelnya saja bisa membangkitkan rasa bangga menjadi orang INDONESIA, apalagi Film-nya?

Membaca Novel Laskar Pelangi mengingatkan saya akan sebuah pelatihan kepemimpinan yang disebut Born to win, dengan pelaksana training adalah Indonesia Motivation.

Bagian paling penting dari pelatihan tersebut adalah sebuah Cerita Pendek "Si Sulivan Sang Burung Camar",yang telah menjadi doktrin di Negara-negara maju.

Jerman, Perancis, dan berbagai Negara Eropa serta Amerika, telah mewajibkan anak TK hingga Perguruan Tinggi untuk membaca sebuah Cerita Pendek itu sejak abad XVIII.

Korea Selatan dan Singapura menjadikan Cerita Pendek tersebut sejak awal 1950 dan awal 1960-an.

Cerita sederhana tentang seekor Burung Camar yang disingkirkan / diasingkan oleh kelompoknya jkarena burung Camar bernama Sullivan ini lebih suka belajar terbang agar bisa menangkap ikan dikedalaman laut ketimbang mengikuti tradisi leluhurnya yang cukup makan dari sampah ikan dan rempah/ sisa roti yang dibuang oleh Nelayan dan Kapal-kapal yang lewat.

Diakhir cerita pendek itu, ternyata banyak Sullivan dari kelompok burung camar lain yang juga diasingkan oleh kelompoknya, kemudian Sullivan2 itu membentuk kelompok sendiri yang berisikan burung-burung Camar yang suka belajar terbang, hingga akhirnya kelompok Sullivan ini terkenal sebagai kelompok Camar Hebat.

Pelajaran yang ditanamkan oleh Cerita Pendek itu adalah, kita jangan pernah berhenti belajar, jangan puas dengan kondisi yang ada, dan harus selalu siap berubah maupun menerima perubahan untuk menjadi yang lebih baik.

Sedangkan yang takterlupakan dari pelatihan oleh Indonesia Motivation adalah, kita terlahir kedunia ini setelah sembilan bulan sepuluh hari sebelumnya memenangkan pertarungan melawan jutaan saudara kita yang berupa zygot / sel telur dalam memperebutkan satu inti telur dirahim Ibunda kita. Apabila sekarang kita hanya menjadi seseorang yang biasa-biasa saja, atau malah sering sebagai pecundang, berarti kita menyia-nyiakan kemenangan kita dulu!!

Indonesia memiliki Mimbar Saputro dan wikimuers lainnya di Wikimu, Andy F Noya dengan Kick Andy-nya, Andrea Hirata dengan Laskar Pelangi-nya, Deddy Mizwar dengan Naga Bonar/Naga Bonar jadi 2/ Para Pencari Tuhan-nya, Dahlan Iskan dengan Ganti Hati-nya,dan banyak orang dengan talenta yang meng-inspirasi anak Bangsa yang lain, seharusnya ini sudah cukup untuk menjadi modal bagi kita semua untuk bersatu padu menunjukkan dan mewujudkan Indonesia adalah Negeri Hebat yang dipenuhi manusia-manusia Hebat yang tidak hidup dialam mimpi, tapi mampu berkiprah nyata!